Poker untuk pemula Perhatikan permainan yang berlangsung Tips ke5

Perhatikan permainan yang berlangsung sangatlah penting didalam poker karena Texas’ Hold’em adalah sebuah permainan yang memerlukan informasi.

Semakin banyak informasi yang bisa dikumpulkan, semakin bagus anda akan bermain jadi perhatikan permainan yang berlangsung.

Setiap hal yang terjadi didalam permainan poker – baik anda mengikuti permainan yang berlangsung ataupun tidak – adalah sebuah informasi tambahan yang bisa anda kumpulkan.

Kamu membutuhkan informasi

Majoritas kartu pegangan poker yang akan anda dapatkan sebenarnya sudah cukup untuk membantu anda membuat keputusan untuk memainkannya atau tidak. Jikalau anda mengikuti saran pertama dari artikel series poker untuk pemula yang pertama (jangan terlalu sering mengikuti permainan), maka anda hanya akan bermain sekitar 15% dari kombinasi kartu pegangan yang akan anda dapatkan.

Ini berarti sebanyak 85% anda akan diberikan kartu yang anda harus fold. Dari 15% kombinasi kartu pegangan yang akan dimainkan, kebanyakannya sangatlah gampang dan hanya butuh 1 keputusan.

Antara anda raise K K dan semuanya fold atau anda siap memainkan 9 9♠ ketika ada pemain yang all-in sebelum giliran anda.

Dari 15% kombinasi kartu pegangan bagus tersebut, hanya ada beberapa yang benar-benar harus memaksakan anda untuk berpikir. Dan hanya sebagian yang akan menyusahkan anda dalam mengambil keputusan.

Disaat anda harus mengambil keputusan yang sulit itu, anda memerlukan sebanyak mungkin informasi yang bisa membantu. Anda bisa mendapatkan setiap informasi seperti itu di setiap ronde permainan yang ada.

Apa yang harus di perhatikan di meja poker

singkatnya: semuanya.

Setiap apapun aksi yang dilakukan oleh lawan poker anda di atas meja poker adalah sebuah petunjuk tentang bagaimana cara mereka bermain dan keputusan seperti apa yang mereka akan ambil ketika menghadapi kondisi tertentu.

Perhatikan cara mereka berbicara, cara mereka duduk. Perhatikan setiap permainan yang berlangsung meskipun anda sudah fold.

Catat. Kapanpun seseorang melakukan hal yang agak janggal. Catat berapa banyak chips yang mereka mainkan, dan bagaimana mereka memainkanya di setiap ronde permainan.

Bagaimana mengklasifikasikan lawan poker anda

Perhatikan berapa banyak chips yang di raise oleh lawan anda sebelum flop dan mereka raise chips dari posisi mana.

Ketika mereka di call oleh pemain poker yang lainnya, seberapa sering dia melakukan aksi betting lanjutan?

Apakah mereka mampu untuk bluffing di flop, turn dan river atau mereka akan langsung ciut begitu di call sekali oleh lawan? Apakah mereka akan semi-bluff kartu pegangan mereka atau mereka akan main secara pasif dan hanya bet atau raise ketika mereka telah menyempurnakan kombinasi kartu di tangan mereka?

Secara tidak sadar anda akan mulai mengklasifikasikan lawan anda dengan kriteria agresif, pasif, lepas atau ketat.

Ada sebuah ucapan yang berbunyi demikian “ketika anda tidak bisa mengklarifikasikan target didalam 10 menit di meja poker, anda adalah target yang ditandai orang“.

Anda harus mencari tahu siapakah pemain yang paling kurang jago dan memperhatikan caranya bermain adalah hal yang paling gampang untuk mencari tahu.

Daniel Negreanu adalah contoh pemain poker yang sangat jago didalam membaca kartu pegangan lawannya. Jadi jangan terkejut kalau dirinya sering memenangkan turnamen poker.

Ketika mereka menyadari bahwa mereka di perhatikan

Pemain yang menyadari bahwa dirinya sedang diperhatikan. Beberapa dari mereka akan membuat gerakan yang aneh didalam tekanan.

Canda tawa yang tidak lepas, gerakan tubuh yang janggal, pernafasan yang berat, detak jantung yang berdebar dengan cepat; ini semua bisa memberikan anda informasi. Hanya saja, setiap informasi ini tidak seratus persen tepat.

Pemain yang mendapatkan kombinasi terbaik, atau pemain baru yang merasa mereka memiliki kombinasi terbaik (tidak lebih dari pair besar) akan menunjukkan kejanggalan reaksi seperti yang diatas.

Terkadang anda bisa membaca apakah lawan poker anda merasa bahwa mereka memiliki kartu yang bagus. Tetapi untuk mengetahui apa artinya, anda harus terlebih dahulu mengerti sifat poker mereka.

Sekali bagus, dua kali adalah emas

Memperhatikan sifat-sifat pemain tidak hanya akan membantu anda didalam permainan yang berlangsung tetapi juga akan menjadi informasi dasar buat anda ketika harus menghadapi mereka lagi pada permainan seterusnya.

Ketika lawan secara tidak sadar memberikan informasi penting ketika memiliki pegangan kartu tertentu, maka kemungkinan besar mereka akan menunjukan sifat atau gaya permainan yang sama pada kesempatan lainya disaat mereka memengang pegangan kartu yang sama.

Belajar untuk membaca permainan lawan adalah sebuah skill yang harus dipelajari setiap pemain poker yang mau menang.

Jikalau anda bisa membuat sebuah call yang bagus ataupun bisa fold meskipun memiliki pegangan kartu yang kuat, hanya berdasarkan informasi yang anda kumpulkan, ini kemudian akan membantu anda secara signifikan dalam jangka waktu yang panjang.

Contoh:

Anda bermain poker dengan sb/bb $1/$2 no limit dan memegang kartu K K♥ dari posisi cut off . Beberapa pemain setelah anda mengikutinya lalu anda melakukan raise standard sebesar $15. Hanya ada satu pemain dari posisi tengah yang call. Kita sebut saja namanya Gary.

Flop: 9 J 4

Gary check, anda bet $25. Gary call.

Turn: 6

Gary check lagi dan anda bet lagi, kali ini $65. Gary call.

River: A

Gary lalu dengan segera melakukan all in sebesar $250, $40 lebih banyak dari total jumlah di pot. Anda memikirkannya dan khawatir lawan anda mendapatkan kartu A pada akhirnya, atau dia memiliki 1 set ataupun 2 pair secara random tetapi anda tidak bisa mengerti mengapa dia melakukan check lalu call dengan kartu komunitas yang begitu mencar dan random.

Meskipun dia benar mendapatkan A, seharusnya dia juga tidak bisa memastikan bahwa dia memiliki kombinasi kartu yang paling bagus, lalu aksi all-in yang dilkakukannya kemudian terlihat seperti bluff. Apa yang harus kita lakukan? Jikalau kita memperhatikan sifat dan gaya permain Gary pada permainan yang sebelumnya, maka keputusan disini sebenarnya cukuplah gampang.

Pada beberapa permianan sebelumnya, Gary mengambil bagian dari permainan ronde tersebut. UTG raise $12, kita fold karena memiliki kartu pegangan sampah, tetapi Gary call, lalu mereka heads-up.

Flop: 8♥ 9♥ 3

UTG bet $20, Gary kemudian raise ke $50, UTG call.

Turn: A

UTG check, Gary bet $75, UTG call.

River: K

UTG check, Gary bet $100, UTG raise all in sebesar $225. Gary berpikir sebentar lalu fold dan menujukkan kita sepasang kartu 8 8♣. UTG memenangkan ronde itu.

Jikalau anda memperhatikan permainan ini maka anda bisa menyadari bahwa Gary adalah pemain yang tidak berani mengambil resiko dan hanya akan nyaman bermain ketika dirinya memiliki kombinasi kartu terbaik. Kartu yang bisa mengalahkannya pada ronde ini adalah set A, set K, set 9 atau kombinasi bunga yang datang pada river.

Meskipun Gary tidak 100% yakin dengan kombinasi set 8 yang dimilikinya tetapi setidaknya masih  banyak sekali kombinasi yang bisa dia kalahkan (Set 3, dua pair, Pair A, ataupun bluff). Dan lagi dia hanya harus membayar dengan ratio 6:1 dari uanganya yang dimana lebih mencondongkan pilihan ke call.

Pemain seperti Gary yang bermain begitu ketat dan tidak berani call meskipun memiliki set 8 pada contoh permainan diatas adalah pemain yang jarang melakukan bluff. Hal ini lalu menjadi sebuah informasi berarti buat kita saat kita menghadapinya pada contoh pertama diatas. Memperhatikan permainan yang berlangsung pada kesempatan ini akan menghematkan kita $250 untuk call dengan sepasang K K saat Gary all in.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *