Peluang dasar permainan poker

Menyukainya atau tidak, Texas Hold’em adalah game yang mengharuskan kita untuk belajar peluang dasar permainan poker.

Setiap aksi yang anda ambil, setiap kartu peganggan yang anda mainkan atau setiap kartu yang harus anda hadapi memiliki peluang, probabilitas dan juga statistiknya  sendiri.

Untuk mereka yang merasa kurang didalam matematika, jangan khwatir. Anda tidak harus menjadi ahli didalam matematika untuk bisa menjadi pemain poker yang handal.

Faktanya, banyak sekali pemain poker serius yang ada diluar sana tidak memiliki ide tentang denominasi dari permainan poker itu sendiri. Meskipun terkadang Hold’em terlihat memiliki keidentikan dengan permainan penuh strategi, tetapi pada dasarnya poker adalah permainan yang sederhana.

Kesederhanaan dari permainan poker itu dikarenakan oleh rumus yang gampang dan juga matematika yang sederhana. Banyak perihal strategi permainan poker yang tidak memerlukan anda untuk pelajari dengan sepenuhnya –  anda hanya perlu cukup mengetahuinya supaya bisa memiliki perasaan yang benar dalam bermain.

Bagaimana menghitung peluang dasar permainan poker ?

Pot odds adalah “peluang yang ditawarkan jumlah pot” kepada anda. Ini adalah peluang perbandingan jumlah total chips yang ada didalam pot dengan jumlah chips yang harus anda pertaruhankan supaya bisa tetap melanjutkan permainan.

Contoh: misalkan kita harus heads-up atau 1vs1 pada ronde flop. Jumlah chips yang ada pada pot tengah adalah $10 dan lawan anda bet $5 lagi.

Karena bet dari lawan anda kini adalah bagian dari pot, anda sekarang ditawarkan peluang untuk memenangkan $15 dengan biaya sebesar $5 lagi. Dengan ratio ini maka peluang anda adalah 15:5.

Untuk menyederhanakannya, anda harus selalu mendenominasikan angka peluang anda ke 1 (anda akan mengetahui mengapa ini akan lebih baik). Jadi untuk menyederhanakan ratio yang ada kita denominasi 15:5 dengan pembagian 5. 5/5 = 1.

Dasar dari peraturan matematika adalah membagikan jumlah yang sama untuk kedua sisi nilai, jadi anda harus membagikan 5 ke jumlah yang satunya lagi. Jadi kalo 15 dibagikan ke 5 maka kita mendapatkan angka 3.

Ratio baru anda kini adalah 3:1 dan 3:1 ini adalah peluang dari pot itu sendiri. Artinya dengan bayaran 1 anda berpeluang untuk memenangkan 3. Gampangkan?

Anda juga bisa mengunakan simulasi perhitungan peluang poker yang sudah beredar secara online

Bagaimana menghitung ekuitas poker ?

Pada tahap selanjutnya setelah anda mengetahui cara menghitung peluang dari po,t anda kini harus belajar mengetahui ekuitas anda (peluang yang anda miliki untuk memenangkan chips yang ada didalam pot dibanding dengan peluang lawan anda).

Untuk menghitung ekuitas anda, anda harus mengambil total outs yang anda miliki dan kalikan itu dengan 4 pada ronde flop (atau 2 pada ronde turn.). Ini akan memberikan angka peluang anda untuk memenangkan pot yang di tengah dalam satuan persentase.

Jadi sebagai contohnya kalau anda memiliki kombinasi flush, maka anda akan memiliki 9 outs pada ronde flop. 9×4=36, 36% adalah peluang anda untuk berhasil menyempurnakan kombinasi kartu anda pada akhirnya.

Dikarenakan kita memiliki pot odds dalam bentuk ratio dan juga ekuitas kita, maka kedua variabel ini kini harus di bandingkan. Dengan 100 persen poin kemungkinan, ekuitas anda kini adalah 64-36 (64% anda tidak bisa menyempurnakan kombinasi flush; 36% anda bisa meyempurnakan kombinasi flush).

Jikalau kita memakai denominasi yang sama seperti perhitungan untuk pot odds dengan menyamakannya ke 1, maka ekuitas anda adalah (64/36):1 atau 1.7 :1. Arti dari ratio ini adalah pada setiap 1 kali anda menyempurnakan kombinasi anda, 1.7 kali anda akan gagal.

Jikalau anda tidak ingin menghitung dengan begitu details tentang pot-odds (dan matematika poker juga tidak memerlukan angka yang pasti diatas meja poker), jadi secara singkatnya, estimasi dari 34% kesempatan anda apabila dibandingkan dengan 64% adalah kurang lebih setengahnya.

Tidaklah begitu penting detailsnya ratio anda adalah 1.6, 1.7, 1.8 atau 1.9 : 1; bahkan kalau anda mengenapkannya menjadi 2:1, ini sudah merupakan statistik yang lumayan cukup bagi anda untuk menentukan apakah anda harus call atau tidak.

Membandingkan Pot odds dengan ekuitas

Jadi bagaimana anda bisa tahu kapaan anda harus call? cuma hanya perlu membandingkan dua variabel ratio yang ada.

Apabila nilai peluang pot odds anda lebih tinggi dibandingkan dengan ekuitas anda, maka anda melakukan call yang bagus. Apabila sebaliknya, maka anda melakukan call yang kurang bagus. Pada bentuk paling dasarnya, peluang permainan poker tidaklah lebih komplikasi dari ini.

Peluang poker secara random

Probabilitas untuk… Peluang Contoh
Diberikan kartu peganggan pair 17:1 (5.9% ) 7 7, 8 8, 10♦ 10
Diberikan satu pair kartu A 221:1 (0.45%) A A
Diberikan kartu AK yang sebunga 331.5:1 (0.3%) A K
Flop satu set dengan kartu pegangan pair 8.51:1 (11.76%) 8 8 | 2 8 A
Flop dua pair (tanpa pegangan pair sebelum flop) 48:1 (2.02%) 7 10 | 7 10 3
Menyempurnakan flush di river (flop 4 sebunga) 1.9:1 (35%) A Q | 9 4 A 10
Menyempurnakan straight-terbuka di river 2.2:1 (32%) 6 7 | 8 9 2 310
Menyempurnakan full house di river (flop 3 kartu sama) 2:1 (33%) 4 4 | 4 K Q K

Peluang dasar permainan poker ala kadarnya sudah cukup bagus

Mengerti perhitungan peluang poker di permainan Texas Hold’em bisa terlihat sangat menyeramkan – apabila anda bukan orang yang “jago menghitung”.

Tetapi setiap pemain poker pasti bisa atau memiliki kemampuan untuk menghitung peluang. Setiap pemain poker.

Anda tidak perlu harus mendapatkan angka pasti hingga empat desimal kebelakang tetapi pada umumnya kemampuan untuk  menyadari bahwa anda 60-40 lebih diuntungkan dan anda memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk bisa call adalah 2 variabel yang penting untuk diketahui.

Apabila anda salah menghitung pot odds anda (atau tidak memikirkanya sama sekali), anda akan banyak melakukan kesalahan yang nantinya akan membuat anda semakin susah untuk menjadi pemain poker yang sering menang.

Membandingkan peluang pot yang ada dengan kesempatan anda mendapatkan outs anda sangatlah kritikal. Tetapi beruntungnya, matematika untuk bisa memperhitungkan itu semua cukuplah mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *