bluffing

Salah satu kesalahan di dalam permainan poker untuk pemula adalah sangat sering melakukan bluffing.

Banyak kesalahpahaman yang ditunjukan oleh media ataupun aktor Hollywood yang mengidentifikasikan bahwa poker adalah permainan yang harus sering melakukan bluffing.

Mereka juga seing menampilkan adanya kombinasi straight flush yang kalah dengan kombinasi royal flush, meskipun bukan tidak mungkin tetapi peluang hal ini bisa terjadi sangatlah tipis didalam dunia permainan poker.

Jikalau anda bersedia memahami Texas Hold’em dengan lebih medalam, maka anda bisa membedakan beberapa macam bluffing:

  • Bluffing cepat
  • semi-bluffing
  • Stone-cold bluffing

Bluffing cepat

Ini adalah variasi bluff yang paling sering dilakukan oleh para pemain poker profesional. Bluff cepat juga bisa bisa disebut “small ball,”. Bluff ini adalah taruhan kecil yang dilakukan untuk memenangkan pot yang jumlahnya kecil hingga sedang dan memiliki kemungkinan menang yang cukup besar.

Phil Ivey
Phil Ivey

Resiko dari bluff ini lumayan kecil dan tingkat keberhasilannya cukup memuaskan.

Contoh: tiga pemain check kepada anda yang berada di posisi button dengan kartu komunitas flop menunjukkan KK 7.

Tidak ada aksi raise sebelum flop, dan ketiga pemain tersebut juga nampaknya tidak begitu tertarik dengan kombinasi kartu komunitas yang ada.

Biasanya hanya ada dua kemungkinan didalam skenario ini:

  1. Seseoarang memiliki satu kartu king dan slowplay (bermain dengan pasif)
  2. Tidak ada seorangpun yang memiliki kartu king dan semuanya siap untuk fold.

Skenario ini cukup gampang. Kemungkinan sangat besar bahwa ketiga pemain tersebut tidak memiliki kartu king, yang berarti bahwa mereka akan fold kapan saja.

Dan juga, jumlah chips yang ada di pot tidaklah begitu besar dengan tiga aksi check yang dilakukan lawan anda sebelum flop. Tidak ada orang yang ngotot melakukan hero call tanpa memiliki kartu king di skenario ini. Apa bila anda berada di posisi button, keputusan anda harusnya cukup gampang, anda harus bet dengan intensi mengakhiri babak ini, tidak peduli kartu apapun yang anda pegang.

Semi bluffing

Anggap aja anda melakukan raise sebelum flop dengan kartu pegangan AK dan ada dua orang yang call.

Tiga kartu komunitas pertama adalah J9 5; anda pada saat ini hanya memiliki kombinasi untuk menyempurnakan flush dan juga high card. Pemain pertama melakukan check, lalu diikuti oleh pemain kedua yang bet 3/4 dari total jumlah pot.

Pada situasi ini raise bisa dikategorikan sebagai semi-bluff karena pada dasarnya anda masih belum memiliki apa-apa; anda bahkan tidak bisa menang melawan mereka yang memegang kartu 5 di tangan. Fakta bahwa anda memiliki kombinasi untuk menjadi flush dan juga dua kartu tinggi yaitu A dan K adalah modal anda untuk bertaruh dengan alasan anda masih memiliki banyak kemungkinan untuk bisa memenangkan pot di tengah pada akhirnya.

Kartu anda memang cukup bernilai, jadinya ini bisa dikategorikan sebagai semi-bluff. Idealnya lawan anda akan fold dan anda akan memenangkan pot di tengah. Tetapi apabila lawan anda call sekalipun, anda masih memiliki peluang untuk menyempurnakan kombinasi flush pada saat turn ataupun river.

Stone-cold bluffing

Salah satu contoh stone-cold bluff terbaik yang pernah di televisikan adalah saat Brad booth melakukan bluff saat melawan Phil Ivey pada even High Stakes Poker musim ke tiga.

Brad tidaklah memiliki banyak peluang untuk bisa menang karena outs untuk dirinya bisa menang hanya tersisa dengan datangnya 1 kartu 5 di turn ataupun runner-runner dua pair. Karena kartu pegangannya tidak memiliki nilai sama sekali, pada konteks ini apa yang dilakuan oleh Brad Booth bisa dikategorikan sebagai stone-cold bluff.

Realistiknya, kemungkinan paling besar Brad bisa menang adalah saat Phil Ivey melakukan fold.

Ini adalah contoh bluff yang sering anda lihat di dunia entertainmen atau di film Hollywood dan banyak orang mengira bahwa permainan poker identik dengan gaya permainan seperti ini. faktanya, cara bluff ataupun gaya permainan seperti ini bukanlah ide yang bagus.

Untuk berekspektasi bahwa bluff seperti ini bisa berakhir menguntungkan anda. Anda harus sangat memperhatikan setiap permainan yang berlangsung dan memahami gaya permainan dan pemikiran dari lawan anda. Stone-cold bluff adalah bluff level atas yang hanya cocok apabila dilakukan oleh pemain hebat di dunia.

Tentu saja, anda bisa melakukan bluff seperti diatas dan berhasil, tetapi tanpa memiliki image pemain level atas, anda hanya seperti melempar dadu dan berharap tidak di call oleh lawan anda.

Dan Harrington mendeskripsikan bluff seperti ini sebagai “bluff terowongan gelap”. Yang bisa anda lihat hanyalah cahaya terang di ujung terowongan. Anda tidak memiliki ide dan tidak mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi di sekitar anda.

Supaya tidak bermain poker dengan jelek, anda harus berhenti melakukan stone-cold bluff dan harus membatasi jumlah anda melakukan bluff cepat ataupun semi-bluff. Cara terbaik bagi para pemula untuk bisa berhasil saat bermain poker adalah dengan gaya permainan langsung ataupun ABC.

Kalau anda memiliki kombinasi kartu terbaik, bet. Kalau tidak, fold.

Kecuali anda bermain dengan lawan yang sudah lama memperhatikan, mempelajari dan mengingat setiap gaya permainan kamu, kalau tidak, anda disarankan untuk tidak “sok kreatif” (bermain dengan variasi gaya permainan yang baru). Karena setiap variasi gaya permainan baru yang ingin anda coba beresiko merugikan anda dan membuat anda kalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *