Gabe Kaplan

Gabe Kaplan yang berumur 73 tahun memiliki kisah hidup yang cukup menarik. Dari baseball ke komedi kemudian ke dunia akting, setelah itu menjadi investor keuangan lalu menjadi pemain poker dan kini dirinya menjadi komentator, apakah ada yang tidak bisa dilakukan oleh orang ini?

Masa Mudanya

Pada waktu masih muda, Gabe Kaplan yang tinggal di Brooklyn terinspirasi untuk menjadi pemain baseball profesional. Dia sempat di undang untuk mengitkuti pelatihan bersama San Francisco Giants. Tetapi setelah berlatih 2 tahun dan tidak bisa masuk kedalam liga minor, dia kemudian move on dan mengincar hal yang lebih besar didalam hidup.

Dirinya sempat menjadi seorang bellboy di New Jersey saat masih muda. Kemudian Gabe Kaplan menjadi sangat tertarik dengan dunia komedi dan sempat berusaha untuk menjadi stand-up komika. Materi yang dibawanya banyak berhubungan dengan apa yang dia pelajari di Brooklyn, tidak lama setelah itu, dirinya memiliki cukup banyak kesempatan untuk menunjukkan performanya di cafe, bars, maupun di tempat dunia malam – termasuk klub Playboy- di beberapa tempat di Amerika.

Keberhasilan pertama Gabe Kaplan datang saat dirinya tampil di acara The Tonight Show dimana dirinya diundang karena peranya di dalam acara televisi yang cukup sukses pada tahun 70an dengan judul Welcome Back, Kotter dimana dirinya menjadi salah satu bintang dengan nama Gabe Kotter. Di sekitar masa itu juga Kaplan mengeluarkan album komedi pertamanya yang berjudul Holes and Mello-rolls.

Karir berakting

ABC sempat menayangkan Kotter sekitar tahun 1975 hingga 1979. Gabe Kaplan juga pernah tampil di Police Story, Lewis & Clark, dan Murder, She Wrote, beserta beberapa filem yang dibuatkan untuk tayangan di televisi.

Karena sifatnya yang selalu ingin berprestasi, Gabe Kaplan tidak puas dengan karirnya aktingnya di layar perak. Setelah itu dirinya memintangi tiga filem: Fast Break (1979), Tulips (1981), dan Nobody’s Perfekt (1981). Dirinya juga smepat tour bersama perusahaan teater Doubles.

Ahli Finansial

Gabe
Gabe

Disaat dirinya aktif berakting dan juga bermain poker, Kaplan juta menjadi ahli investor finansial yang cukup handal. Keberhasilannya di dalam menemukan beberapa cara unik berinvestasi dan beberapa strategi investasi saham yang bagus membuat dirinya sempat menjadi bahan pembicaraan untuk beberapa majalah keuangan. Dirinya lebih fokus terhadap investasi di sektor perusahaan privat – pada tahun 80an dan 90an ini adalah langkah yang cukup tergolong sangat beresiko. Alhasil dari langkah investasinya, kekayaan Gabe Kaplan meningkat drastis. Dan tentu saja, dengan gayanya, Gabe memakai pengalaman ini dan mengubahnya menjadi bahan manteri buat komiknya.

Oleh karena insting bisnisnya – beserta karir akting dan penghasilan pokernya – Gabel Kaplan di estimasi memiliki total kekayaan antara US$ 30 juta hingga US$ 50 juta.

Gabe Kaplan di dunia poker

1970an

Pengalaman pertama Gabe Kaplan datangnya pada even WSOP pada tahun 1978 di saat dia memutuskan untuk bermain di main event dengan buy in US$10.000. Sayangnya dirinya hanya mampu bertahan selama 4 tahun. Tetapi pengalaman ini kemudian membuatnya untuk makin tertarik untuk melatih skill pokernya. Gabe Kaplan mengalami kegagalan yang sama pada main even tahun 1979. Dirinya lalu bermain permainan cash-games dengan limit buy in yang sangat besar yaitu US$10.000/US$20.000 dan tampil cukup bagus.

1980an

Pada tahun 1980an, Gabe Kaplan tergolong pemain poker yang cukup handal. Dirinya menjadi pemain elit setelah memenangkan even Amarillo Slim’s 2nd Annual Poker Classic – kemudian di ganti nama menjadi Super Bowl of Poker – dan memenangkan jumlah uang US$ 190.000 sebagai juara. Dirinya kemudian masuk di final table dengan kategori yang sama dlam 5 tahun kedepan dan ini membuat namanya menjadi cukup terkenal di dunia poker.

Pada saat ini kepercayaan diri Kaplan meningkat drastis dan dirinya menantang juara WSOP 1979 Hal Fowler dan juga jawara 1978 Bobby Baldwin untuk bermain poker heads-up (1vs1) dan memenangkan kedua laga tersetbu.

Pada bulan Juni 1987, Kaplan memenangkan even Knights of the Round Table US$ 10.000 NLHE tournament di Atlantic City dan memenangkan total hadiah US$108.000.

Dan kemudian dirinya berhasil cash-in di dalam beberapa turnamen dan memenangkan cukup banyak hadiah keuangan.

1990an

Beberapa tahun setelah itu, Kaplan tampil cemerlang di L.A. Poker Classic. Tambahan dari keberhasilannya adalah saat dirinya memenangkan even US$ 2.500 NL Deuce to Seven pada tahun 1993 dan memenangkan hadiah US$ 25.250. dan juga juara di even US$ 1.000 Deuce to Seven Draw pada tahun 1995 dan memenangkan hadiah US$ 34.925.

Pada tahun 1996 Gabel Kaplan mengakhiri turnamen WSOP berada diposisi ke tiga dengan total hadiah US$ 48.750.  Tetapi kemenangan WSOP terbesarnya tidak datang hingga 2005 dimana dirinya memenangkan hadiah dari meja poker hingga US$ 222.515.

Tahun 2000an dan Poker after dark

Pada awal 2005, Kemunculan Kaplan di turnamen poker after dark –  dan juga beberapa permainan cash-games kelas atas-  membuat dirinya makin di kenali oleh kahlayak ramai dan semakin banyak pula orang mengenali skill permainannya. Tiga tahun di poker after dark, Kaplan memenangkan cukup banyak even. Kemenangannya yang paling terkenal adalah pada tahun 2008 dimana dia berhasil mengalahkan pemain poker lainya sekelas Doyle Brunson, Chris Ferguson, Andy Bloch, dan Hoyt Corkins.

Disini anda bisa melihat skill Gabe Kaplan dengan segala pengalaman beserta reputasinya mengalahkan Tom Dwan dengan bluff.

Komentator

Karena pengalamannya di dunia poker, Kaplan sempat menjadi komentator untuk acara WSOP pada thun 1997 dan juga pada tahun 2002. Dibawah ini ada video disaat Kaplan melakukan interview dengan pemain legendaris Stu Ungar disaat Ungar memenangkan main even pada thun 1997.

Selain di acara High Stakes Poker, Kaplan juga mengomentasi beberapa even poker seperti National Head-Up Poker Championship, beberapa even WSOP, dan juga even Intercontinental Poker Championship.

Baca juga edisi artikel kami yang mengajari dasar permainan poker supaya tidak bermain dengan jelek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *